Pengertian Suku Bunga Deposito

Deposito berjangka adalah salah satu investasi yang banyak dipilih oleh mereka yang ingin berinvestasi namun dengan risiko yang seminim mungkin. Memang pada dasarnya, deposito ini sama dengan menabung di bank kemudian mendapatkan bunga. Namun bedanya, jika Anda menabung uang Anda di deposito, maka Anda tidak bisa menariknya sewaktu-waktu. Namun tetap saja, satu hal yang mampu menarik para investor untuk mendepositokan uangnya di bank adalah karena alasan suku bunga deposito. Pengertian Suku bunga deposito adalah jumlah yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah sebagai imbalan tanda jasa kepada nasabah tersebut karena sudah mendepositokan uangnya di bank untuk jangka waktu tertentu. Besarnya suku bunga deposito ini berbeda-beda untuk setiap bank.

Berapa Besarnya Suku Bunga Deposito

Besarnya suku bunga deposito sangat relatif tergantung dari kebijakan bank tempat Anda menitipkan uang Anda. Biasanya, semakin lama Anda mendepositokan uang Anda, maka bunga yang ditawarkan oleh pihak bank juga lebih tinggi. Berbeda jika Anda hanya mendepositokan uang hanya untuk jangka waktu tiga hingga enam bulan. Mungkin besarnya bunga juga tidak begitu besar. Berbeda jika Anda mendepositokannya untuk jangka waktu lima tahun misalkan, tentu saja jumlah bunga yang Anda dapat juga akan lebih maksimal. Pada umumnya, kisaran bunga deposito yang ditawarkan untuk investasi ini berkisar antara 2 hingga 7 persen tergantung dari bank mana Anda mendaftarkan diri.

Suku bunga deposito merupakan presentase dari jumlah total nominal deposito kita yang ada di bank. Tentu saja, nilainya ini lebih besar dibanding suku bunga ketika kita menabung biasa. coba Anda bandingkan berapa banyak suku bunga yang Anda dapatkan dari tabungan Anda dengan deposito dalam nominal uang yang sama. Tentunya bank tempat Anda menabung akan memberi bunga deposito yang lebih besar.

Suku Bunga Deposito

Suku Bunga Deposito Bisa Dicairkan Kapan Saja

Meskipun kita tidak bisa menarik deposito kita sewaktu-waktu, namun ada beberapa bank yang memiliki kebijakan untuk memudahkan para nasabahnya. Mereka memperbolehkan nasabahnya untuk mengambil bunga deposito secara berkala. ingat, hanya bunga, bukan depositonya. Oleh sebab itu, sebelum memulai mendepositokan uang Anda, ada baiknya Anda menanyakan apakah bank tersebut menawarkan layanan ini. Jika suku bunga deposito dapat diambil secara berkala, tentu sangat menguntungkan bagi Anda, bukan? Anda bisa segera merasakan manfaat investasi deposito Anda. bahkan ada bank yang menawarkan layanan otomatis untuk mentransfer suku bunga deposito bulanan kita ke nomor rekening tabungan kita.

Deposito Merupakan Salah Satu Instrumen Investasi yang Berisiko Rendah

Dibanding investasi lainnya, investasi jenis deposito ini termasuk yang minim risiko. Bagaimana tidak, uang pokok yang Anda depositokan tidak akan berkurang hingga jatuh masa tempo. Justru Anda akan mendapatkan suku bunga deposito yang besar jika jangka waktu yang Anda pilih lama. Tentu saja hal ini menjadi keunggulan jika dibandingkan dengan investasi lainnya yang bahkan bisa mengurangi jumlah uang pokok kita karena dipengaruhi oleh kondisi pasar finansial.

Dengan kata lain, uang deposito kita tidak akan terpengaruh oleh fluktuasi nilai saham maupun obligasi di pasaran. Baik suku bunga maupun uang pokok, akan dikembalikan kepada Anda secara utuh jika sudah jatuh tempo sesuai dengan perjanjian. Suku bunga yang Anda peroleh dari deposito inilah yang bisa Anda katakan sebagai hasil keuntungan berinvestasi.

Jika Anda memiliki uang sisa yang kemungkinan tidak terpakai dalam jangak waktu dekat, ada baiknya Anda menginvestasikannya untuk jangak waktu pendek. Anda bisa menitipkannya di Deposito Berjangka dari PT. Bank DBS. Dengan memilih layanan ini, jika suatu saat Anda ingin memperpanjang deposito Anda ketika sudah jatuh tempo, maka bisa dilakukan secara otomatis menggunakan fitur ARO atau Automatic Roll Over. Dengan begitu, uang pokok dan suku bunga deposito Anda akan diperpanjang secara otomatis. Ada satu lagi nilai lebih jika Anda menggunakan layanan ini, yakni deposito bisa Anda gunakan sebagai jaminan untuk fasilitas kredit. Cukup praktis, bukan? Segera hubungi kantor PT. Bank DBS terdekat di kota Anda.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail