Para Pemburu Diskon Wajib Tahu Cara Hitung Voucher diskon yang Tepat Berikut Ini!

Diskon dan promo, tentu dua kata ini menjadi dua kata yang begitu indah ketika didengarkan. Hal ini tak lain dan tak bukan karena adanya potongan harga yang akan Anda dapatkan ketika ingin membeli suatu produk. Bentuk diskon dan promo kini pun amat beragam sehingga Anda juga harus cerdas dalam menyikapinya sebagai konsumen sehingga bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Voucher diskon hampir pasti selalu jadi rebutan dimana saja dan kapan saja, namun bukan berarti Anda tidak pilih-pilih dalam membeli barang diskonan.

Saat ini bentuk diskon serta promosi amat beragam. Sudah banyak sekali toko menawarkan pengurangan harga, memberikan bentuk voucher dan lain sebagainya. Kadang ada beberapa cara dari sang penjual dalam memberikan diskon sehingga terlihat besar, padahal tidak. Jika Anda sampai terkecoh, maka bukannya untung, justru Anda malah buntung karena salah perhitungan. Itulah mengapa penting sekali tahu cara menghitung diskon yang tepat sehingga bisa bijak menentukan keputusan.Para Pemburu Diskon Wajib Tahu Cara Hitung Voucher diskon yang Tepat Berikut Ini!

Berikut ini beberapa bentuk diskon dan promo dan cara menghitungnya dengan tepat:

  • Diskon …% atau Off …%

Yang pertama ini pasti adalah diskon dengan cara paling umum dimana harga barangnya langsung dipotong dengan diskon yang sedang berlaku. Untuk memudahkan maka contohnya adalah baju dengan harga 100 ribu dan mendapatkan diskon 40%. Maka menghitungnya adalah 100.000 – (40%x100.000) = Rp 60.000. Jadi untuk baju yang akan And beli maka hanya bayar 60 ribu saja dari harga 100 ribu.

  • Diskon …% + …%

Untuk cara voucher diskon yang satu ini sedikit banyak mampu mengecoh mata para konsumen. Banyak yang mengira diskon 50% + 20% adalah sama dengan diskon 70%, padahal tidak demikian perhitungannya. Untuk memudahkan pemahaman, maka misalnya ada harga barang 100 ribu dan di diskon 50% + 20%. Maka penghitungan diskonnya adalah 50% x 100.000 = Rp 50.000 lalu dari diskon 50.000 itu tadi dikalikan lagi dengan 20% yang menghasilkan 10.000 sehingga total diskon adalah 50 ribu ditambah 10 ribu yaitu 60 ribu sehingga harga barang yang perlu Anda bayar adalah 40 ribu. Mudah bukan cara hitungannya?

  • Cashback …

Mungkin Anda sering mendengar istilah ini. Ya, promosi ini memang menggiurkan. Namun masih banyak yang belum memahami benar apa makna dari istilah cashback itu sendiri. Jangan kira Anda akan mendapatkan uang tunai (meski ada yang menerapkan cara ini namun jumlahnya amat jarang). Namun pada umumnya cashback diterapkan dengan pemberian voucher misalnya saja jika Anda membeli barang dengan harga 100 ribu, maka Anda akan mendapatkan cashback 50 ribu. Biasanya cara lain memberikan cashback juga bisa dengan memberi poin pada akun Anda jika Anda membeli secara online, juga bisa dengan cara masuk ke kartu kredit sebagai cashback kredit. Memang sekilas menguntungkan, namun jika dipikir lagi kadang masih ada syarat dan ketentuan tertentu sehingga kadang menyulitkan penggunaan cashback ini.

Itulah beberapa cara voucher diskon yang kerap diterapkan demi menjaring pembeli. Oleh karena itu pahami benar aturannya sehingga Anda bisa mendapatkan pengurangan harga sesuai yang Anda ekspektasikan. Jangan hanya tergiur sekilas dari promo belanja di toko online atau toko fisik, namun juga perlu dikaji ulang perhitungannya sehingga tetap menguntungkan dari sisi Anda sebagai konsumen.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail