Inilah 5 Tips Mengatasi Laptop Lemot

Tips mengatasi laptop lemot. Ketika kita pertama memiliki sebuah laptop baru, pastinya kita akan terkesan dalam kecepatannya. Baik itu kecepatan dalam membuka sebuah file, sistem hingga browsing. Tetapi lambat laun pasti kita akan merasakan laptop kita sudah tidak secepat dulu lagi. Selain mengganggu kita pastinya juga menghambat kinerja kita dalam beragam kegiatan yang menggunakan laptop. Ada beberapa indikator penyebab laptop kita menjadi lambat, bisa dari software ataupun hardware-nya. Untuk itu kali ini kita akan berbagi tips mengatasi laptop lemot.

Tips Mengatasi Laptop Lemot

  1. Menghilangkan semua virus

Virus ternyata juga mempengaruhi kinerja laptop kita, untuk itu sebaiknya antivirus terpasang pada laptop dan selalu update antivirus untuk perlindungan laptop dari berbagai serangan virus. Jangan lupa untuk selalu melakukan scanning secara full untuk laptop kita.

  1. Uninstall program yang tidak diperlukan

Salah satu penyebab laptop lemot adalah terlalu banyak program dalam laptop yang menyempitkan ruang penyimpanan. Memiliki program yang terlalu penuh akan membuat laptop kita bekerja dengan lambat atau lemot. Pilihlah program yang diperlukan saja dan sebaiknya uninstall program yang kurang penting.

  1. Membersihkan junk file

Langkah selanjutnya dalam mengatasi laptop lemot adalah dengan melakukan pembersihan junk file. Kita dapat menggunakan beberapa aplikasi yang berguna dan dapat membersihkan junk file secara maksimal.Tips Mengatasi Laptop Lemot

  1. Kapasitas Hard Disk

Kapasitas Hard Disk memiliki peranan penting dalam hal kelancaran sebuah laptop. Berilah ruang kosong yang cukup pada Hard Disk. Selain Hard Disk penuh masalah lainnya adalah hard disk terfragmantasi, bad sector, atau hard disk sudah lama sehingga rpm-nya menurun. Kita dapat melakukan upgrade hard disk bila ingin memiliki performa yang kembali prima.

  1. Membersihkan bagian dalam laptop

Jangan anggap bagian dalam laptop tidak berdebu, menumpuknya debu didalam laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop. Banyaknya debu menyebabkan sirkulasi udara didalam menjadi buruk sehingga berdampak panas dibagian dalam laptop tidak dapat keluar dengan baik.

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai tips mengatasi laptop lemot. Kita dapat melakukan semuanya agar performa laptop kita kembali seperti pertama kali membeli. Jika semua itu tidak berpengaruh pada laptop anda, mungkin laptop kita membutuhkan lembiru (lempar cari yang baru) hehe.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail